Permintaan
Dan Penawaran
Permintaan dalam
isitilah ekonomi disebut demand
adalah jumlah barang dan jasa yang berada di pasar dengan harga tertentu dan
pada waktu tertentu yang akan dibeli oleh konsumen.
Beberapa
faktor yang mempengaruhi permintaan :
1. Harga
barang itu sendiri.
2. Harga
barang lain yang berkaitan.
3. Tingkat
pendapatan.
4. Selera
konsumen.
5. Ekspektasi/perkiraan.
Penawaran adalah
setiap produsen yang menghasilkan barang dan jasa tertentu dengan maksud untuk
memperoleh keuntungan dengan cara menjual hasil produk tersebut. Kekuatan
produsen menyediakan barang di pasar untuk dijual merupakan kegiatan penawaran.
Penawaran adalah tersedianya baran gatau jasa di pasar untuk dijual pada saat
tertentu dengan tingkat harga terpentu pula.
Beberapa
faktor yang mempengaruhi penawaran:
1. Harga
barang itu sendiri.
2. Harga
sumber produksi.
3. Tingkat
produksi.
4. Ekspektasi/perkiraan.
Harga dari suatu produk (P), ditentukan oleh keseimbangan
antara tingkat produksi pada harga tertentu (yaitu penawaran: S) dan tingkat
keinginan dari orang-orang yang memiliki kekuatan membeli pada harga tertentu
(yaitu permintaan: D). Grafik ini memperlihatkan adanya peningkatan permintaan,
dari D1 ke D2, seiring dengan peningkatan harga dan kuantitas (Q) produk yang
terjual.
Teori penawaran dan permintaan (bahasa Inggris: supply and
demand) dalam ilmu ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di
pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Model penawaran
dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di
pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap
perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Ia juga digunakan sebagai
titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini
memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi
sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas
yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara
harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor
yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk
terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar