Senin, 27 Mei 2013

MACAM-MACAM OPERATING SYSTEM

1.Microsoft/windows
OS buatan Microsoft Corp. ini memiliki user interface yang mudah dimengerti dan dukungan software yang luas. Banyak produsen hardware menyarankan memakai OS ini. OS ini mempunyai kelemahan yaitu VIRUS nya yang bermilyar-milyar jenisnya. Serta harga yang mahal banget. Merupaka OS dengan pemakai terbanyak di dunia saat ini.
Kelebihan :
·         Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
·         Banyak software berbasis Windows
·         Dukungan driver yang lebih banyak
·         Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
·         Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan (bukan di open lho), maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
·         Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
·         Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
·         Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
·         Kelebihan yang lain… duitnya banyak. Kalau duitnya banyak mau apa saja lebih unggul dari lainnya.
Kekurangan :
·         Harga licensi mahal
·         Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
·         Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
·         Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
·         Sistem yang kurang stabil
·         Banyak orang tahu bahasa pemrogamannya dan banyak orang pakai karena itu banyak juga yang buat virus untuk Windows dibanding yang lainnya (lebih cepat beken dan tersebar tentunya).
·         Karena semua orang atau software bisa utak-utik system Windows karena itu sering kali jadi ngadat dan ngaco
·         Ada banyak versi sehingga kalau mau yang powerfull harus bayar lebih mahal.
·         Windows XP ProfessionalWindows XP Home Edition Windows XP Media Center EditionWindows VistaWindows XP Tablet PC EditionWindows XP ProfessionalWindows XP Starter Edition

2. GNU Linux
Sistem operasi yang didasarkan pada Open Source (Bebas Milik). Sistem Operasi ini diperkenalkan oleh Linus Torvald dan berkembang sedemikian cepatnya sehingga hampir bisa melampaui jumlah pengguna Windows di dunia. Memiliki banyak jenis Desktop seperti KDE, Gnome, XFCE dst. Juga banyak jenisnya seperti UBUNTU, MANDRIVA, DEBIAN, GOOGLE OS dst.
  Beberapa kekurangan Debian GNU/LINUX, yaitu :
a. Kurangnya program propietary popular. Karena memperjuangkan komitmen free software maka distribusi Debian GNU/Linux tidak bisa memasukkan berbagai program dengan lisensi yang tidak kompatibel.
b. Waktu pembuatan stable yang lama dan kurangnya program dengan versi baru. Sebagian besar user  yang tridak memiliki koneksi internet broadband, umumnya menggunakan cabang stable dari debian GNU/Linux, yang memang berisikan program dengan versi yang sedikit kuno. Kekurangsn yang satu in  bisa diatasi dengan menggunakan cabang unstable atau testing, yang lebih membutuhkan koneksi iternet apabila sistem ingin terus di-update.
c. Tidak ada kontrol center terpusat berbasis GUI/TUI. Debian banyak mengandalkan tool single command-line untuk melakukan konfigurasi. Bagi sebagian pengguna, kekurangan yang satu ini bisa menjadi kelebihan.
d. Kurangnya dukungan akan perangkat keras. Hal ini bisa disebabkan karena masalah lisensi ataupun masalah teknis.
   Beberapa kelebihan Debian GNU/Linux, antara lain :
a. Dibuat dan didukung oleh komunitas dengan kontrol kualitas yang tinggi.
b. Pemaketan dan kontrol kualitas yang sangat baik dan konsisten, serta jumlah paket yang sangat besar. Setiap paket deb telah diatur sedemikian rupa sehingga memilii kuaitas yang baik dan telah diuji. Pengaturan software pada distribusi Debian GNU/Linux merupakan hal yang menyenangkan. Dengan lebih dari 15000 paket binary, user bebas untu memilih paket-paket mana saja yang diinginkan, tanpa harus melakukan kompilasi sendiri.
c. Model pengembangan yang sangat baik dan waktu pembuatn yang tidak teburu-buru.
Debian memiliki cabang pengembangan, yaitu :
1) Stable: telah teruji, stabil;, walupun sedikit kuno.
2) Testing; pengujian (dimanapengembangan telah melwati serangkaian pengujian dicabang unstable).

3. MAC OSX
Jika kamu sedang mencari Operating System yang stabil dengan Interface yang friendly dan powerful, Mac OS X bisa menjadi salah satu pilihannya. Meskipun FreeBSD telah mempunyai interface desktop untuk para profesional komputer, namun keliatannya kurang cocok untuk para paraniod, kakek-kakek, maupun nenek-nenek. Mac OS X lebih cocok untuk mereka karena mempunyai desain yang sangat intuitif. Mereka dapat langsung menggunakannya tanpa harus banyak berpikir. Mac OS menyertakan banyak hal yang sebenarnya tidak diperlukan untuk menjalankan sebuah server internet, serta hanya dapat berjalan pada hardware Apple. Sehingga, untuk kerperluan server murah dan powerfull, Mac OS tidak direkomendasikan. Meskipun, anda tidak dapat melihat source code GUI interface Mac OS, anda tetap dapat melihat source code BSD yang ada didalamnya. Apple telah me-releasenya dengan nama kode Darwin.
KELEBIHAN:
- System sudah berjalan 64 bit, meskipun untuk mengaktifkan kernel 64 bit nya, dibutuhkan sedikit pengaturan. tetapi biasanya apple akan mengeluarkan updatenya di kira2 system 10.6.5 /ke atas, untuk bisa berjalan dengan system 64 bit sepenuhnya.
- Adanya fitur open CL, yang menggantikan open GL. tetapi tetap masih memsupport open GL dengan sempurna
- Cara menginstallnya sangat mudah dan waktu yang dibuthukna untuk menginstall hanya kira2 1 jam saja.
- Hardisk yang dibutuhkan sedikit, hanya kira2 5GB saja (jadi setelah install snow leopard bila diupgrade dari leopard, pasti HD akan bertambah) ^^
- Dekstop yang lebih interaktif, terutama di animasinya. Selain itu, pengaturan yang lebih simpel.
- Shutdown yang sangat cepat. Dan paling cepat saat ini. waktu untuk shutdown hanya dibutuhkan kira2 3-4 detik saja.
- tambahan fitur spt quick time X, pdf viewer, fitur quick look berjalan dengan maksimal, hampir support semua file (hal ini sangat membantu bagi saya), dll
- time machine jauh lebih cepat dibanding leopard.
KEKURANGAN:
- Beberapa program tidak dapat berjalan, karena masih menggunakan system 32 bit. berikut adalah beberapa daftar yang tidak support di Snow...
1.      Parallels Desktop, v2.5 and earlier
2.      McAfee VirusScan, v8.6
3.      Norton AntiVirus v11.0
4.      Internet Cleanup 5 v5.0.4
5.      Application Enhancer v2.0.1 and earlier
6.      Unsanity
7.      AT&T Laptop Connect Card v 1.0.4, 1.0.5, 1.10.0
8.      launch2net v2.13.0
9.      iWOW plug-in for iTunes v2.0
10.  Missing Sync for Palm Sony CLIE Driver v6.0.4
11.  TonePort UX8 Driver v4.1.0
12.  ioHD Driver v6.0.3
13.  Silicon Image SiI3132 Drivers v1.5.16.0
- Banyak driver printer yang tidak diikutkan dalam snow leopard 10.6, tetapi di update yang 10.6.1 dan 10.6.2 apple telah mengikutkan driver2 printer tersebut, meskipun belum lengkap.

- Beberapa user masih mengeluh banyaknya masalah yang terjadi di airport, terutama di mac 10.6 / 10.6.1
- GUI tidak berubah banyak. secara perkembangan, win 7 lebih signifikan dalam memperbaiki GUI / dekstop.
- Snow leopard hanya bisa berjalan pada processor berbasis intel saja.
- Kecepatan pada saat menjalankan aplikasi tidak berbeda jauh dibanding dengan leopard, malah mengalami penurunan kcepatan sekitar 2,5%.
- bootcamp dan beberapa modem USB tidak terbaca pad saat menggunakan snow leopard dengan kernel 64 bit (ini sangat menganggu bagi saya)

4. BSD OS (OPEN BSD)
OpenBSD adalah cabang dari NetBSD sejak tahun 1996, tujuan utama adalah membuat OS BSD yang paling aman. OpenBSD adalah BSD yang pertama kali men-support hardware-accelerated cryptography (membolehkan untuk men-encrypt dan decrypt informasi pada waktu yang singkat), para developernya sangat bangga karena faktanya, default instalasi OpenBSD tidak dapat di-hack selama 4 tahun!!
Para OpenBSD mania telah meng-audit seluruh code OpenBSD, memperbaiki lubang-lubang security yang mungkin dapat diexploitasi. Namun, dari sisi user-friendly, OpenBSD tidak seperti FreeBSD.
Berikut beberapa kelebihan dari system operasi FreeBSD :

1.      Virus/Spyware yang menyerang sedikit
2.      Banyak terserdia aplikasi dan program gratis
3.      Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas
4.      Multiuser

Sedangkan kekurangan FreeBSD :
1.      Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command
2.      Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang
3.      Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sedikit

5. Sun Solaris
Solaris adalah salah satu UNIX yang paling dikenal dunia. Solaris dibuat oleh Sun Microsystem. Solaris berjalah pada high-end hardware yang dapat mendukung puluhan processor, GB RAM, serta harddisk. Ia banyak digunakan sebagai platform oleh aplikasi enterprise, seperti Oracle. Solaris didesain untuk berjalan pada processor SPARC yang diproduksi oleh SUN. Karena SUN mengontrol sendiri hardware dan software, mereka dapat mengembangkan system dengan fitur2 menarik, seperti, hot-swappable RAM, mainboard, harddisk, CPU.
Kelebihan lain nya dalam Solaris adalah :
1.      ZFS adalah fasilitas Restore mirip seperti feature Restrore di Windows
2.      Banyak tool observasi dan debugging
3.      Memiliki beberapa bentuk virtualisasi
4.      Mempunyai tingkat stabilitas yang tinggi
5.      Integrasi Apache, MySQL dan PHP untuk menjalankan Web Server
Dari banyak kelebihan yang mungkin belum bisa saya sebutkan masih ada juga beberapa kekurangan dari system solaris tersebut, antara lain :
1.      Harga sistem operasi komersil yang mahal
2.      Kepantasan inovasi linux lama yang sehingga member kesan unix menjadi komersil
3.      Driver hardware yang kurang baik

6. AIX
Salah satu pasaing UNIX adalah IBM AIX. AIX mengklaim mempunyai journaling filesystem terbaik, mampu mencatat seluruh disk transaction yang terjadi, sehingga mampu me-recover system tanpa banyak masalah kemampuan ini meningkatkan reliability. AIX juga berbasis BSD.

7. Linux
Linux adalah sebuah kloning UNIX, ditulis benar-benar dari bawah lebih dari satu dekade lalu. Linux sama dengan BSD dalam banyak hal, namun BSD telah mempunyai budaya yang telah lama, serta lebih ramah terhadap dunia komersial. Linux mensyaratkan kepada pemakai komersial untuk memberikan feedback kembali ke linux, sementara BSD tidak mempunyai batasan seperti ini. Diantara pengguna UNIX, terdapat konflik persepsi antara kubu BSD dan LINUX. Namun jika anda menggali lebih dalam, sebaliknya, anda akan melihat bagaimana para developer berkomunikasi dan bekerjasama dengan ramah dan pikiran terbuka. Hanya sebagian kecil dari user maupun developer yang membuat friksi.
Kelebihan :
    Linux bisa didapatkan secara bebas tanpa perlu membayar lisensi. Anda juga bisa mengunduh kode sumber Linux jika ingin melihatnya tanpa ada batasan apapun. Dengan begitu kita membantu mengurangi pembajakan.
    Sistem operasi Linux bebas diperbanyak dan digunakan tanpa melanggar hukum karena linux opensource. Jadi sah-sah saja kalau kalian ingin mendownload dan memperbanyak semau kalian. Tidak akan dijerat hukum
    Linux memiliki koleksi piranti lunak yang sangat lengkap untuk keperluan desktop, laptop dan server. Jika piranti lunak yang tersedia terasa kurang, Anda dapat menambahkannya dengan mudah melalui repository yang tersedia. Linux mempunyai banyak distro dengan kelebihan masing-masing tergantung pada kebutuhan kita. Kalian ingin yang menonjol di office nya?pakai aja OpenSuse, pengen server?ada CentOs atau Debian. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat disini. "10 Distro Linux Terbaik 2011"
    Linux mempunyai banyak dukungan dari berbagai pihak. tidak bisa dipungkiri banyak orang yang menyukai hal gratis maka banyak pula yang peduli akan linux.hhehe Mereka banyak membuat forum dan komunitas untuk saling membantu dalam memecahkan masalah yang dihadapi linux. hal yang perlu ditanamkan adalah bahwa Linux adalah milik bersama dikembangkan dan duganakan bersama demi kepentingan bersama.
    Perbaikan kutu (bug) atau cacat yang terdapat di Linux sangat cepat, karena Linux dikembangkan secara komunitas dan setiap komunitas bisa memberikan masukan-masukan dan perbaikan untuk kutu atau cacat tersebut
    Tidak perlu khawatir terkena sweeping software, Kalau komputer/laptop kalian pakai Windows atau software bajakan bajakan kalian akan sangat khawatir di Luar negeri, wah kalau ketahuan bisa jadi masalah itu. Kalau pakai Linux tak perlu khawatir pergi kemana saja. PeDe saja pergi kemanapun buka laptop dimana pun
    Linux mudah digunakan, dulu orang berpendapat bahwa linux sulit digunakan karena berbasis teks(DOS) tapi sekarang hal itu telah berubah karena sekarang menggunakan linux hampir semudah menggunakan Windows XP/7.
    Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.
    Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras, seperti kasus file .docx (Word 2007-2010) yang tidak bisa dibuka dengan Microsoft Word 2003 atau versi dibawahnya.
    Kita berhak mengotak-atik linux sesuai dengan kebutuhan dan kemauan kita karena linux bebas dikembangkan oleh siapapun. Itu artinya kalian bisa membuat distro Linux kalian sendiri.
    Linux lebih aman terhadap virus, karena selain jumlah virus di Linux sangat sedikit. Linux juga sangat ketat dalam hal pengelolaan keamanan. Saat ini linux dipercaya sebagai SO yang paling aman. Bisa dibilang linux hampir kebal dengan kebanyakan virus yang ada saat ini. Karena kebanyakan virus dibuat untuk berjalan di Windows jadi tidak akan berjalan di linux. Walaupun memang ada beberapa virus yang dibuat untuk linux. Tapi tak perlu khawatir itu sangat jarang terjadi. Karena masih jarang orangyang mengerti scirpting pembuatan virus di linux.hhehe Kalian tak perlu mengorbankan kinerja RAM kalian untuk menjalankan antivirus dan membuang waktu untuk mengupdate nya.
    Saat kalian menginstall distro linux kalian akan mendapatkan satu paket SO beserta semua aplikasi kebutuhan dasar seperti Office, mp3player bahkan photo editor. untuk Office kalian akan mendapatkan LiberOffice(untuk distro keluaran baru), kalau di Windows ada CorelDraw di Linux ada Inkscape, di Windows Photoshop di Linux GIMP bahkan ada Aplikasi CD burner bawaan linux dan itu semua gratis! Jadi kalian tak perlu repot mengintsall ms.office, nero dll karena sudah tersedia satu paket dengan SO nya. Sangat efisien bukan?
    hampir semua jenis aplikasi yang ada di windows ada alternatifnya di Linux. seperti ms.office dan LibreOffice. Terpaksanya memang membutuhkan aplikasi dari Windows kita bisa memakai aplikasi Emulator seperti Wine. Jadi file seperti .exe masih bisa dijalankan.
    Linux dapat membaca jenis file lebih baik dibandingkan sistem operasi lain.
    Linux sangat stabil karena jarang sekali crash maupun hang. Anda juga tidak perlu bahkan tidak pernah melakukan restart jika melakukan konfigurasi sistem. Tak perlu reboot di Linux . Saat kalian menginstall driver atau beberapa aplikasi di Windows pasti kalian diminta untuk mereboot pc/laptop kalian bukan?ini tidak akan terjadi di linux. semua software akan langsung berjalan tanpa reboot.
    Linux dapat dijalankan melalui Live CD tanpa merubah sistem yang ada, ini artinya kalian bisa mencoba menjalankan linux di komputer kalian  walaupun belum diinstall. Seperti trial gitu lah tapi ga perlu diinstall dan tidak ada batas waktu dan penggunaan. Dan itu semua berjalan tanpa merubah sistem yang sudah ada di komputer kalian. Jadi sistem kalian tidak akan rusak.
    Di Linux kita akan mendapatkan khusus suite yang berisi pendidikan dan permainan. ini kurang dikembangkan di Windows dan untuk mendapatkannya harus bayar bayar dan bayar,..
    Di Linux kita bisa memutar musik, menonton film/video dan menjalankan software secara bersamaan dengan lancar tanpa mengurangi kerja salah satunya. Linux tidak membatasi bagaimana konten digunakan pada sistem. Tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer atau menyebabkan konflik dengan hardware atau software. Keluaran audio visual yang tinggi tidak artificially direndahkan. kalian bisa menjalankan konten kalian tanpa mengganggu sistemnya.
    Kalian tidak akan menanyakan ke teman kalian…Bro kok RUNDLL32.EXE ?? hehehe.. :P
    Linux akan membantu kita menghapus spam tanpa biaya. Bahkan, Spam Assassin, salah satu yang paling populer open source anti-spam system  adalah dasar dari banyaknya komersial produk anti-spam. Sangat berbeda dengan produk seperti Symantec Mail Security yang membandrol sekitar $ 30/mailbox. Layanan seperti MessageLabs juga biaya per surat bro.aaaakkh mending buat email Baru deh kalau email Saya di kirim Spam Assassin daipada Bayar!
    Perangkat lunak open source menawarkan versi yang lebih baik dari Microsoft Office SharePoint Server dari Microsoft
    Linux happily akan menginstal sendiri pada partisi hardisk logis. Anda tidak dibatasi untuk partisi utama.
    Anda tidak perlu untuk mencari Resor vendor atau menggunakan situs Windows Update untuk melakukan sesuatu pekerjaan.
    Linux adalah sebuah sistem multi-user . Kalian bisa memiliki banyak pengguna Linux yang bekerja di salah satu sistem. Sedangkan Windows Terminal Services menawarkan tapi tidak standar, dan ada yang ekstra lisensi per pengguna. wah Nekak abis u,u
    Linux mempunyai bahasa scripting yang sangat kuat, sehingga memberi kekuatan yang besar pada sistem administrator
    Proyek honeypot menemukan bahwa sebuah unpatched Linux server dapat lebih bertahan jika terkoneksi dengan Internet sementara patch Windows server akan bangkrut dalam waktu beberapa jam saja. Bahkan tanpa patch pun, Linux masih lebih baik daripada Windows.
    sebuah out-of-the-box sistem Linux dapat digunakan untuk yang jauh lebih besar dari berbagai kepentingan yang out-of-the-box sistem Windows. kalian bisa mail server, web server, database server, dan file-print server, intranet server, remote akses server, VPN server, server FTP. Benar-benar apapun yang kalian inginkan kawan. Linux padamu pokoknya!wkwkwk
    Beberapa vendor perangkat keras seperti ASUS akan mencari embedding Linux di silicon untuk membuat generasi komputer berikutnya yang lebih cepat. kita tidak boleh melakukan ini dengan Windows, dan tidak mungkin mereka akan datang dengan kenaikan harga karena perizinan.
    Linux tidak akan mati karena opensource dan free. Linux mendapat dukungan yang sangat besar oleh dunia. tidak seperti Vendor yang OS yang telah tutup seperti BeOS, AmigaOS.
Kekurangan :
    Linux kurang memiliki dukungan dari produsen hardware dalam hal penyediaan driver. Hampir semua driver yang saat ini ada di Linux  merupakan hasil jerih payah komunitas, dan sebagian kecil murni dukungan dari produsen hardware.
    Linux masih kurang didukung oleh beberapa pembuat permainan/game. Kebanyakan permbuat permainan masih menggunakan sistem operasi Microsoft Windows sebagai platform mereka. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
    Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’, takut untuk beralih dari Windows.
    Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows yang sudah tersebar luas bajakannnya. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
    Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.
    Aplikasi-aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi di Windows. Namun tidak perlu khawatir, dengan seiring waktu maka perkembangan itu juga akan meningkat.
    Struktur direktori dan hak-akses yang membingungkan bagi yang sudah terbiasa dengan Windows dan belum mengenal UNIX/Linux sama sekali.
1.      Fedora Core 4
2.      Suse
3.      Ubuntu 5.04
4.      Knoppix 3.8
5.      PC Linux OS6. Linux Xnuxer7. Mandrake 10.0

8. IRIX, HPUX, dan lainnya
UNIX lain adalah IRIX (Silicon Graphics), sebuah applikasi grafis UNIX yang terkenal, serta HP-UX (Hewlett-Packard), yang populer dikalangan enterprise besar. Banyak paket software high-end seperti informix, mendesain khusus aplikasi pada platform HP-UX. Anda juga akan menemui pesaing lain seperti SCO dan UnixWare. Mereka juga UNIX namun tidak sepopuler seperti lainnya. Masih ada lagi UNIX lain seperti: A/UX (Apple), SINIX (Siemens UNIX) dan Xenix (Microsoft). Ya, microsoft adalah vendor UNIX bertahun-tahun yang lalu. Xenix kemudian dijual ke SCO dan menjadi SCO UNIX.

9. DOS
Era Sebelum Windows, MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
A. Kelebihan Menggunakan DOS
A.      Dapat lebih mudah membuat folder bersama subfolder nya.
B.      Dapat melihat file di suatu harddisk atau folder secara keseluruhan maupun yang di hidden.
C.      Dapat mengcopy file lebih cepat dibandingkan sistem operasi berbasis GUI (Graphic Unit Interface).
B. Kekurangan Menggunakan DOS
A.      Resiko Kehilangan file lebih besar jika kita sedang ceroboh atau tidak fokus.
B.      Tempilan kurang menarik.
C.      Pengoperasian nya masih berbasis teks.
·         MS-DOS versi 1.
·         MS-DOS versi 2.xx
·         MS-DOS versi 3.xx
·         MS-DOS versi 4.xx
·         MS-DOS versi 5.xx
·         MS-DOS versi 6.xx

·         MS-DOS versi 7.xx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar